Lifestyle

Uang THR Masyarakat Separuhnya Digunakan Berbelanja Online

Di tengah bulan Ramadhan, terutama pada momen menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini adalah masa dimana orang-orang mendapatkan tunjangan hari raya atau biasa disingkat dengan THR. Fakta uniknya, ternyata THR dari masyarakat Indonesia hampir separuhnya dihabiskan dengan berbelanja online.

Hal ini terllihat dari hasil survei yang dilakukan oleh beberapa Digital Marketplace yang ada di Indonesia Lazada, Elevenia, bahkan juga oleh mesin pencari raksasa Google. Beberapa fakta unik lainnya yang didapat juga cukup mengejutkan, seperti fakta bahwa traffic berbelanja online justru meningkat sangat pesat pada jam-jam sahur, sekitar pukul 3 pagi, hingga menjelang sholat subuh.

“Pada jam sahur, sekitar pukul 04.00 hingga menjelang salat subuh, banyak konsumen kami yang berbelanja dan melihat berbagai penawaran spesial yang hadir, dan ini cukup mengejutkan bagi kami,” ujar Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm.

Hasil survei lainnya juga menunjukkan peningkatan aktivitas masyarakat, seperti kenyataan bahwa masyarakat rela membelanjakan 50% uang THR mereka untuk berbelanja online. “Mereka berani menggunakan tunjangan hari raya untuk membeli barang-barang elektronika, seperti ponsel, televisi, kulkas, melalui online,” ujar Haikal Bekti, Head of Online Marketing Lazada Indonesia.

Atas dasar fakta tersebut, Anda sebagai pelaku UKM tentu tidak ingin antusiasme masyarakat yang tinggi dan mengabaikan hal ini. Anda dapat melakukan promosi besar-besaran yang bertujuan untuk membuat masyarakat yang menjelajah dunia online saat sahur hingga subuh untuk mampir pada bisnis Anda melalui sistem online. Anda juga bisa ikut memanfaatkan antusiasme tersebut dengan berjualan pada marketplace-marketplace tersebut. Yang perlu Anda waspadai, saat permintaan masyarakat meningkat, Anda harus menyiapkan berbagai stok yang tentunya harus tercatat dengan sangat baik.

Pada masa seperti sekarang ini yang umumnya pelaku UKM cenderung menyepelekan masalah ini, sehingga saat permintaan masyarakat membludak, ketersediaan barang belum siap dikarenakan pengecekan data yang terlanjur menumpuk dan berantakan. Sebernarnya solusinya cukup sederhana, Anda hanya tinggal memasang perangkat lunak keuangan Accurate Online sehingga pencatatan laporan keuangan, piutang, penjualan, hutang, pembelian, pajak, dan lain-lainnya akan dengan mudah Anda cek dan kontrol di mana saja, dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet karena Accurate Online telah berbasis sistem cloud.

Accurate Online pun memiliki promo menarik seperti Flash Deal Ramadhan sedang berlangsung dengan diskon 35% dari harga Rp. 2.400.000,- menjadi Rp. 1.560.000,-. tentunya akan sangat sayang jika terlewat begitu saja. Untuk informasi dan pembelian, segera kunjungi website kami dengan mengklik link: https://accurate.partners

 

Antusiasme masyaarakat yang tinggi juga dilaporkan oleh perusahaan e-commerce Elevenia, melalui Tempo, yang mencatat bahwa peningkatan transaksi online mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa. Selain waktu sahur, waktu ngabuburit atau jam kerja yang dimulai pukul 14.00–17.00 juga merupakan waktu favorit untuk masyarakat berbelanja, dan angka tersebut terus meningkat hingga dua minggu sebelum hari Lebaran.

Justru pada minggu menjelang Lebaran, transaksi online cenderung menurun hingga 50% dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah minggu Lebaran berlalu.

“Transaksi belanja akan menurun pada minggu Lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara lebaran, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara,” ujar Bayu S. Tjahjono, GM Strategy & Communication Elevenia

Raksasa Internet Google mencatat, selama Ramadan masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Google pun memiliki tips dan trik bagaimana agar pelaku bisnis seperti Anda dapat memanfaatkan masa Ramadhan dan Idul Fitri dengan maksimal.

“Agar bisa memaksimalkan momen dengan baik selama Ramadan, pemilik bisnis harus mampu merencanakan dan membuat campaign yang menampilkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu konsumen selama Ramadan,” ujar Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia.

Fakta menarik yang dapat Anda manfaatkan lainnya adalah fakta menarik bahwa penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon memuncak saat Ramadan. Misalnya, penelusuran telepon pintar mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR, dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen.

Semoga informasi di atas dapat Anda manfaatkan dengan optimal, ya, kawan-kawan pelaku UKM. Jangan lupa untuk tetap semangat dan peka dalam melihat peluang-peluang bisnis menjelang Lebaran! :mrgreen:

 

 

 

Bikin hari-harimu lebih asyik dengan Emkay Blast Lite Bubble Gum! Rasa asam manis permen karet yang bikin kamu senyum-senyum sendiri, dilengkapi dengan liquid Saltnic rendah nikotin yang bikin kamu merasa nyaman sepanjang hari.

Related posts

Efek Lembur Bagi Kesehatan Para Pekerja –

arif
error: Konten di Lindungi